Jumat, 16 Februari 2018

Tempat wisata di Tegal Brebes yang eksotik

TEMPAT WISATA KEREN DI TEGAL DAN BREBES YANG BELUM PERNAH ANDA KETAHUI



1. Tumpukan Batu Nan Eksotik di Batu Agung/Goa Lawa, Tegal

Ingin mencicipi wisata alternatif berbau alam dan petualangan? Mungkin Anda bisa mlipir ke Batu Agung di wilayah Balapulang. Di sini, Anda bisa terlihat keren di beberapa sudut lokasi wisata, lewat pengambilan gambar dari sudut pandang tertentu.

Yang ditawarkan di sini adalah pemandangan alam Tegal nan eksotik. Tapi yang paling ekstrim adalah tumpukan batu yang tersusun secara alami, dengan puncaknya yang menjulang, namun siap untuk didaki.


Bila sampai ke puncak, jangan lupa untuk berfoto karena hasilnya dijamin keren abis!

Ada juga sejumlah spot yang bagus di  sisi tebing, yang membuat Anda terlihat jauh lebih luar biasa dalam tangkapan kamera, terutama di bagian Goa Lawa a.k.a Gua Kelelawar.

Tapi, ada himbauan keras untuk para traveler yang ingin menikmati keindahan alam di tempat ini, untuk berhati-hati dan memasang kewaspadaan tinggi, terutama ketika datang hujan

Batu Agung/Goa Lawa

Lokasi:  Desa Batu Agung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Tiket Masuk: Rp5,000,-
Jam Operasional: 12.00 – 18.00 (hari biasa) | 08.00 – 18.00 (akhir pekan & hari libur)
Cara ke Sana: Dari pabrik gula Jatibarang menuju ke selatan ke arah Desa Balapulang Selatan hingga sampai ke SMAN 1 Balapulang. Selanjutnya ikuti petunjuk arah menuju lokasi. 


2. Air terjun – air terjun eksotis

Setiap curug atau air terjun di Tegal memiliki cerita dan mitosnya sendiri-sendiri yang terbilang unik. Karena itu, menjelajahi keindahan, sekaligus mengetahui setiap cerita di balik derasnya cucuran air tentunya menjadi hal yang menarik.

Dari belasan curug yang tersebar di wilayah Tegal dan Brebes, tiga di bawah  ini memiliki keindahan, cerita dan keunikan yang tak boleh Anda lewatkan.

2-a. Cucuran Air Surga di Curug Bentar

Kapan lagi Anda bisa menyaksikan air terjun yang jatuh merayap menyusuri dinding tebing dan masuk ke ceruk gua dan menyajikan pemandangan indah yang tiada duanya?

Itulah yang ditawarkan Curug Bentar di Brebes. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 35 meter ini mengalirkan air dalam jumlah debit yang melimpah ke dinding batu dengan indahnya. Dengan pencahayaan yang luar biasa indah dari paparan sinar matahari, cucuran air tersebut layaknya air yang turun dari surga.

Berlebihan? Jika Anda bisa menyaksikan keindahannya langsung, anggapan ini tentunya beralasan. Karena memang keistimewaan itu yang ditawarkan.

Apalagi kualitas airnya yang juga menyegarkan, mengundang pengunjungnya untuk nyemplung dan bersenang-senang di dalamnya.

Curug Bentar

Alamat: Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00
Tiket Masuk: Rp5.000,-


2-b. Mitos Asmara di Curug Cantel

Jangan bertanya lagi mengenai keindahan yang ditawarkan Curug Cantel, karena memang tak terbantahkan lagi.

Derasnya cucuran air dari puncak yang memiliki ketinggian lebih dari 60 meter menimbulkan sensasi semburan dan percikan air yang menyegarkan di dasar. Lansekap bebatuan di dasar curug juga menciptakan pemandangan nan eksotis.

Bahkan sebelum Anda bisa melihat langsung curug tersebut, rute tracking yang dilalui juga menyuguhkan pemandangan yang istimewa, mulai dari perkebunan, persawahan, menyeberangi sungai kecil dan banyak lagi lainnya.

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan langsung sejumlah hewan liar yang dilindungi berkeliaran di sekitar rute tracking ini.

Tapi yang menarik tentunya adalah di curug itu sendiri. Selain karena pemandangannya yang tiada duanya, Curug Cantel memiliki mitos yang menarik. Siapapun yang membasuh muka di sini, konon dimudahkan jodohnya.


Curug Cantel

Alamat: Jl. Raya Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Rp15.000,-
Cara ke Sana: Dari jalur Bumijawa lurus menuju Pertigaan Talang, belok ke kiri melalui Jalan Wredameta, lanjut ke Desa Batumirah – Srimapog hingga perempatan Mentik, diteruskan ke Desa Kalipedes. Silakan bertanya ke warga sekitar untuk sampai ke lokasi.


3. Merasakan Ketegangan Di Kalibaya Park, Brebes

Kawasan Lio Rimba Raya lebih tenar disebut sebagai Kalibaya, dan karena keistimewaan pemandangan dan keseruan yang ditawarkan, kelompok masyarakat setempat pun mendirikan Kalibaya Park, yang sangat menghibur.

Banyak sekali wahana yang bisa Anda dapatkan di sini, mulai dari wahana outbound, gardu pandang,, ATV hingga ayunan nan ekstrim.


Tapi, bagi para Instagrammers, yang paling menyita perhatian tentunya adalah Gardu Pandang yang jumlahnya tidak sedikit dan bentuknya yang unik menjurus menegangkan.

Ada gardu pandang dengan background Waduk Malahayu dan perbukitan di sekitarnya yang keren abis! Ada pula rumah pohon yang eksentrik. Tapi pastinya, jangan sampai melewatkan kesempatan berayun di ayunan nan ekstrem.

Kalibaya Park

Lokasi: Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Telepon: 0812 2054 1204
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp3.000,- (hari biasa) | Rp5.000,- (akhir pekan & hari libur)


4. Berburu Spot Instagenic Di Jembatan Gantung Danawarih, Tegal

Hambar rasanya berwisata tanpa berfoto. Dan saat ada kesempatan untuk berswafoto, jangan sampai melewatkan spot menarik di Danawarih ini.

Adalah jembatan gantung Danawarih menjadi spot yang wajib Anda kunjungi untuk bisa mendapatkan atmosfer berfoto yang Instagenic. Dari atas hingga bawah, satu ujung jembatan ke ujung lainnya, terbukti memiliki nilai sentimentilnya sendiri.

Jembatan ini melintasi sungai Kali Gung, yang penuh dengan batu kali besar nan eksotik, memiliki panjang lebih dari 270 meter dan berada di lanskap yang luar biasa.


Jembatan Gantung Danawarih

Lokasi: Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Cara ke Sana: Dari pusat kota Tegal menuju ke pemandian Guci, ikuti jalan utama menuju Rumah Makan dan Pemancingan Bukit Sitanjung. Anda bisa bertanya kepada warga setempat untuk sampai ke lokasi.


5. Ingin Berenang di Tengah Kebun Teh: Agrowisata Kaligua, Brebes

Jika Bogor memiliki Puncak, Tegal dan Brebes memiliki Kaligua. Sensasi dan cita rasanya nyaris tanpa perbedaan yang mencolok! Well, satu-satunya perbedaan yang terasa adalah perjalanan ke sini bebas macet meskipun di akhir pekan.

Terletak 15 kilometer dari Bumiayu, Kaligua berada di 2.050 meter dari permukaan air laut. Tak salah jika kemudian hawa udara di tempat ini sejuk dan menenangkan. Karena alasan itu pula ada hamparan perkebunan teh subur nan hijau dan menghibur mata.

Gabungan semua itu mengingatkan kita akan Puncak, Bogor. Namun, bukan berarti keduanya memiliki kemiripan 100 persen.

Di Kaligua, selain berwisata agro, Anda juga menikmati langsung kelezatan produk teh di wilayah tersebut, berenang di kolam renang yang dikelilingi kebun teh, mengunjungi Telaga Ranjeng bahkan menyaksikan langsung Goa Jepang, lokasi pembantaian yang melegenda itu. Goa Angin dan juga ada curug yang harus Anda kunjungi.


Agrowisata Kaligua

Lokasi: Dusun Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket Masuk: Rp5.000,-
Cara ke Sana: Lokasinya berada tidak jauh dari pusat kecamatan Paguyangan pun demikian dari daerah Bumiayu yang masing-masing hanya berjarak 10 dan 15 kilometer saja. Jalur yang bisa dilewati adalah jalan utama Tegal-Purwokerto. 


6. Bukit Batu Dengan Motif Unik: Wadas Kelir, Tegal

Spot-spot yang instagrammable akan selalu diburu, di mana pun itu letaknya. Termasuk yang ada di Wadas Kelir, Dukuhjati Kidul, Tegal. Kini bukit dengan bentuk tidak biasa itu menjadi buruan para Instagrammer, lho!


Beberapa spotnya memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, dari kejauhan, perbukitan yang ada juga memiliki lanskap yang luar biasa.

Dengan sejumlah spot yang menarik, traveller dan instagrammer tinggal memilih mana yang bisa dijadikan background menarik untuk selfie Anda, bukan begitu?

Wadas Kelir

Lokasi: Desa Dukuh Jati Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

1 komentar: