Jumat, 19 Januari 2018

WISATA PURWOKERTO BANYUMAS WAJIB ANDA KUNJUNGI

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyumas Jawa Tengah

1. Wisata Baturraden

tempat wisata di banyumas, baturaden
Siapa yang tak kenal dengan salah satu tempat wisata di Banyumas kali ini? Baturraden tentu sudah sangat familiar terdengar di telinga anda. Tempat ini berjarak sekitar 14 km dari pusat kota. Untuk sajian pemandangannya tak perlu diragukan lagi. Bertempat di dataran yang tinggi, wisata ini menyajikan view menarik dan menyejukkan mata. Apalagi jika cuacanya bagus, anda juga bisa melihat indahnya pusat kota Purwokerto dan Purbalingga dari kejauhan lho. Wah, menarik bukan?
Lokawisata Baturraden menyajikan berbagai macam wahana dan fasilitas seperti kolam renang, sepeda air, taman bermain, lembah sunyi hingga teater alam Baturraden. Ditambah lagi dengan dinginnya suasana yang akan menambah keseruan bermain anda. Selain itu juga terdapat cabang lokasi wisata Wana Wisata Baturraden yang menyajikan tempat rekreasi keluarga sekaligus cagar alam hutan lindung. Wisata ini juga menyediakan bumi perkemahan yang amat luas hingga muat 1000 tenda di dalamnya. Tak heran jika tempat ini pernah dijadikan lokasi Jambore Nasional Indonesia.

2. Wisata Sumber Air Panas Pancuran Tiga

pancuran tiga baturaden
Pancuran Tiga, orang Jawa biasa menyebut Pancuran Telu merupakan tempat wisata Purwokerto yang menyajikan pancuran air belerang dari Gunung Slamet. Spot nya sangat sederhana tapi viewnya begitu indah. Anda bisa merasakan sensasi terapi mandi air belerang disamping berekreasi. Manfaatnya pun begitu banyak seperti pengobatan penyakit kulit dan sakit tulang. Jarak tempatnya cukup dekat dengan objek wisata Baturraden, hanya sekitar 2.5 km.

3. Wisata Sumber Air Panas Pancuran Tujuh

sumber air panas pancuran tujuh
Masih sama dengan Pancuran Tiga, Pancuran Tujuh juga menyajikan rekreasi pemandian air belerang dari Gunung Slamet langsung. Bedanya hanya pada jumlah pancurannya saja. Fasilitas lain yang bisa anda dapat yakni adanya kamar mandi privat untuk pemandian. Tak heran jika tempat ini selalu ramai wisatawan. Tak jarang juga mereka ke situ hanya untuk tujuan pengobatan.

4. Wisata Telaga Sunyi

telaga sunyi banyumas
Lokasi tempat wisata ini tak jauh dari Wana Wisata Baturraden, cuma sekitar 3 km ke timur. Track perjalanannya sangat menanjak, jadi persiapkan kendaraan anda oke dulu ya. Di Telaga Sunyi anda juga bisa melihat curug kecil di tengah sejuknya hutan damar. Warna telaganya biru laut nan menakjubkan.

5. Wisata Curug Gede

obyek wisata curug gede
Buat yang gemar explore alam, destinasi kali ini cocok untuk mengisi waktu liburan anda. Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Ketengger arah selatan wisata Baturraden berjarak kira-kira 3 km. Curug Gede memiliki tinggi hingga 25 meter. Tempatnya begitu asri dan sejuk. Buat anda yang ingin bermalam disana juga disediakan spot untuk berkemah lho.

6. Wisata Curug Ceheng

wisata alam curug ceheng
Tak ada habisnya jika bicara tentang curug di Banyumas. Nah, jika curug Ceheng ini lokasinya di daerah Sumbang ujung timur kota Banyumas. Curug ini punya telaga di bawahnya walaupun tidak sebesar Curug Gede. Objek wisata alam ini menyajikan spot yang luas sehingga sangat nyaman untuk rekreasi keluarga.

7. Wisata Curug Cipendok

curug cipendok banyumas
Curug yang satu ini disebut-sebut sebagai curug tercantik di Banyumas lho. Tak heran jika objek wisata ini termasuk menjadi tempat wisata di Banyumas yang paling bagus. Curung Cipendok berlokasi di Desa Cilongok sekitar 25 km barat pusat kota Banyumas. Bagaimana tidak terkenal, tingginya saja hingga 92 meter. Selain lokasinya yang penuh warna, di situ itu juga terdapat hutan lindungnya. Sumberdayanya pun begitu melimpah. Buat anda yang ingin membawa buah tangan, tahu Karangsari cocok dijadikan oleh-oleh khas Cilongok untuk dibawa pulang ke rumah. Bagaimana? Anda penasaran ingin melihatnya?

8. Wisata Curug Jenggala

curug jenggala
Curug yang kesekian kalinya ini tak perlu diragukan lagi kepopulerannya. Buat anda yang fotogenic, objek wisata satu ini sangat instagramable. Yang paling menarik perhatian dari Curug Jenggala adalah tersedianya papan berbentuk hati dengan background tiga buah curug berjejer cantik. Oya, jika anda ingin berfoto disana siap-siap untuk antri ya. Sayangnya akses menuju ke curug ini masih agak sulit dan berlumpur. Sampai saat ini juga masih dalam tahap pengembangan.

9. Wisata Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

museum jendral sudirman purwokerto
Nah, bagi yang bosan dengan wisata alam, tempat wisata di Banyumas satu ini cocok dijadikan destinasi selanjutnya. Museum ini merupakan wujud apresiasi terhadap perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Tempat ini hanya berjarak 3 km arah barat dari pusat kota Banyumas. Museum ini terdiri dari 2 lantai. Lantai utama berisikan foto-foto perjuangan dan diorama. Sedangkan di lantai dua anda bisa menyaksikan relief-relief perjuangan bangsa Indonesia. Tempat yang satu ini cocok sekali sebagai sarana edukasi dan menambah pengetahuan anda.

10. Wisata Museum Wayang Sendhang Mas

museum wayang sendang mas banyumas
Museum Wayang Sendhang Mas ini punya koleksi berbagai jenis wayang mulai dari Wayang Gagrag Banyumasan, Purwa, Gragag Yogyakarta maupun Surakarta. Selain koleksi wayangnya, di museum ini anda juga bisa melihat koleksi benda-benda purbakala. Lokasinya sekitar 15 km dari pusat kota. Selain sebagai tempat wisata, museum ini sekaligus menjadi wadah pelestarian kebudayaan Banyumas. Menarik bukan?

11. Wisata Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

museum bri pwt
Museum perbankan ini berisi tentang sejarah berdirinya bank rakyat Indonesia sebagai pelopor solusi permasalahan rakyat. Bagi anda yang ingin berkunjung, museum ini buka setiap hari kecuali hari Jumat dan Sabtu. Biaya masuknya gratis selama memberikan konfirmasi kedatangan dahulu. Didekat museum ini juga terdapat sentra penjualan oleh-oleh khas Banyumas seperti mendoan dan gethuk goreng. Buat anda yang ingin beli oleh-oleh, di sini lengkap tersedia.

12. Wisata Masjid Saka Tunggal

masjid saka tunggal wangon
Wisata religi kali ini terletak di Desa Cikakak, Wangon, Banyumas. Jarak dari pusat kota Banyumas kurang lebih sekitar 30 km. Memang terbilang cukup jauh, tapi tak ada ruginya jika anda mengunjunginya. Di sekitar masjid juga terdapat makam Kyai Toelih, tokoh penyebar agama Islam dari Banyumas. Yang menarik lagi, disekitar masjid anda bisa melihat kera-kera jinak yang berkeliaran. Anda juga diperbolehkan memberi makan lho. Wah, cukup unik ya?

13. Wisata Taman Miniatur Dunia (Small World)

miniatur dunia small world
Destinasi wisata kabupatan banyumas yang bisa Anda kunjungi selanjutnya berlokasi di Desa Ketenger Baturraden. Wisata Small World ini memang sedang sangat populer di kalangan masyarakat, terutama bagi para pengguna media sosial. Bagaimana tidak? Tempat ini menyajikan berbagai keindahan miniatur bangunan seperti Patung Liberty, Patung Merlion, Tugu Monas, Menara Kembar, Menara Eiffel, Menara Pisa, Colosseum, Kincir Angin hingga Bunga Tulip dan Bunga Sakura.
Sebagai tambahan, objek wisata ini juga menyajikan taman bermain untuk anak. Jadi selain untuk rekreasi, tempat ini juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi. Tak heran jika banyak pengunjung datang untuk menikmati sensasi berkeliling dunia di tempat ini. Harga tiketnya cukup murah, Rp 15 ribu (hari biasa) dan Rp 20 ribu (weekend).

Selesai sudah cerita tentang rekomendasi tempat wisata di Banyumas yang menarik dan mengagumkan. Bagaimana? Setelah menyimak ulasan tadi, apakah anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Banyumas dan sekitarnya? Tempat-tempat tadi sangat recommeded untuk dijadikan destinasi wisata liburan anda. Dijamin nggak nyesel deh.

1 komentar: