Jumat, 02 Februari 2018

10 Tempat Wisata Hits di Boyolali, Kamu Sudah ke Sana?

20 Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah yang Ngehits dan Asyik



1). Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu

Mendengar namanya, mungkin banyak orang yang mengira bahwa tempat rekreasi yang satu ini berkaitan dengan madu. Gunung Madu sendiri merupakan sebuah tempat bersejarah.

Pada jaman dahulu, Lembah Gunung Madu sempat dijadikan tempat persembunyian oleh masyarakat setempat dari penjajah Jepang. Buktinya di dalam tempat tersebut masih terdapat 5 goa bekas peninggalan zaman penjajahan.

Saat berkunjung kesini, biasanya para wisatawan yang datang hanya sekedar berfoto dan melihat-lihat suasana. Selain itu, tempat ini juga biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berolahraga lari. Pada hari libur, tempat ini dibanjiri oleh warga sekitar maupun dari luar kota. Biaya masuk ke tempat ini sendiri yaitu gratis. Hanya bayar ongkos parkir saja yakni Rp 2000,-.

Alamat: Simo-Klego, Boyolali, Jawa Tengah



2). Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Boyolali menyimpan tempat wisata air terjun yang cukup digemari oleh wisatawan, yakni Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini terletak diantara gunung Merapi dan Merbabu, juga berjarak 950 meter dari permukaan laut yang letaknya dianara kabupaten Magelang dan Boyolali.

Banyak pengunjung yang puas saat mengunjungi destinasi wisata ini. Air terjun yang deras serta dingin mungkin menjadi alasan pengunjung menyukainya. Untuk sampai ke tempat kolam air terjun tersebut, kamu harus berjalan kaki mengikuti rute yang ada sekitar 25 menit.

Setelah sampai, biasanya pengunjung melakukan aktivitas berenang atau sekadar berfoto-foto. Rasa letih selama perjalanan tentu akan terbayar saat bermain air di tempat wisata ini.

Alamat: Jalan Ketep Pass, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481



3). Ekowisata Taman Air Tlatar

Ekowisata Taman Air Tlatar

Objek wisata yang satu ini merupakan sebuah Taman Air yang diberi nama Ekowisata Taman Air Tlatar. Tempat ini dibangun dengan tujuan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang berlimpah. Tempat wisata yang berada di Tlatar ini dibangun pada 1997.

Di area wisata air ini, kita bisa melakukan berbagai kegiatan, misalnya seperti budidaya ikan, kolam renang, maupun sekolah renang. Biasanya tempat ini dibanjiri oleh rombongan anak-anak dari sebuah sekolahan. Memang tempat-tempat seperti ini sangat baik untuk memberi pengetahuan kepada mereka.

Alamat: Gombol, Tlatar, Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah



4). New Selo

New Selo

New Selo adalah tempat yang cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan gunung Merbabu. Pasalnya dari tempat ini kita akan melihat langsung pemandangan gunung Merbabu yang berdiri tepat di depan lokasi ini. Lokasi New Selo sendiri berada di ketinggian yang memungkinkan pengunjung untuk melihat hijaunya pemandangan dari atas.

Biasanya para pendaki yang ingin ke Merbabu akan melewati New Selo. Dan di tempat inilah para pendaki biasa bersantai untuk mengisi perut mereka. Terdapat banyak warung-warung maupun pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga murah.

Alamat: Dk Plalangan, Lencoh, Selo, Kec. Boyolali, Jawa Tengah



5). Kampoeng Air Kragilan

Kampoeng Air Kragilan

Boyolali ternyata menyimpan sebuah tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Kampoeng Air Kragilan. Lokasinya tepatnya berada di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan.

Dahulunya, tempat ini merupakan suatu sungai dan tanah kas desa yang tidak dikelola oleh warga setempat dengan produktif. Dan kini tempat ini dijadikan sebagai tempat liburan yang cukup diminati oleh pengunjung yang berasal dari dalam kota maupun luar kota.

Objek wisata Kampoeng Air ini menyediakan beberapa fasilitas menarik yang disiapkan untuk wisatawan yang datang. Nah, diantaranya yaitu kolam arus, rumah makan Resto Gazebo, dan yang menarik adalah rumah batu mirip di film Harry Potter.

Alamat: Kragilan, Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57323



6). Waduk Cengklik
Waduk Cengklik

Selain Waduk Kedung Ombo, kamu juga akan tertarik untuk mengunjungi spot wisata yang satu ini, yaitu Waduk Cengklik. Tempat wisata yang satu ini berada di Desa Ngargorejo. Lebih tepatnya tempat ini berada di sebelah barat dari Bandara Adi Sumarno.

Walaupun bukan tempat yang cukup dikenal oleh banyak orang, tempat ini mempunyai pemandangan yang memanjakan mata. Pada saat sore atau pagi hari, Merapi dan Merbabu akan tampak terlihat dari Waduk Cengklik, sungguh pemandangan yang sangat indah.

Momen saat sunset dan sunrise tentunya tidak akan kita lewatkan begitu saja, yakni memfotonya. Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Alamat: Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah



7). Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo
 
Kedung Ombo merupakan sebuah waduk besar yang berletak di wilayah tiga kabupaten, yaitu Boyolali, Sragen serta Grobogan. Waduk tersebut diberi nama Waduk Kedung Ombo. Fungsi utama tempat ini sebenarnya untuk mengairi pesawahan disekitar. Namun, seiring banyaknya minat masyarakat yang datang kesini maka dijadikanlah tempat ini sebagai objek wisata.

Di area tempat ini pengunjung nantinya akan menyaksikan pemandangan rumput hijau yang sangat luas dan memukau. Di sana pun terdapat sebuah tempat pasar tradisional yang dikelola oleh warga setempat. Nantinya kita bisa memesan ikan bakar yang secara langsung di ambil dari waduk tersebut. Selain itu, terdapat pula fasilitas lainnya seperti camping ground, tempat pemancingan serta hutan wisata.

8).Bukit Gancik

bukit-gancik
Tempat wisata di Boyolali terbaru selanjutnya adalah Bukit Gancik. Seperti bersaing dengan New Selo, Bukit Gancik juga menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Dan Bukit Gancik juga merupakan wisata baru di Boyolali. Bukit Gancik terletak di Selo Nduwur, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Karena tempatnya lebih tinggi, maka pemandangan disini pun menjadi berbeda daripada di New Selo. Gardu pandang disini berada di ketinggian 2000 mdpl sehingga cocok untuk foot dengan pemandangan pegunungan dan awan. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang hobi bertualang dan fotografi. Sama seperti Omah Bambu Merapi, biaya untuk tiket masuk hanya Rp. 5.000 saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar