Jumat, 02 Februari 2018

Surga Tersembunyi di Tanah Papua Yang Eksotis

10 Surga Tersembunyi di Tanah Papua Yang Eksotis


1. Raja Ampat

Raja Ampat
Tempat wisata di Papua Barat yang satu ini merupakan salah satu andalan wisata yang sudah diakui oleh dunia internasional. Raja Ampat merupakan gugusan kepulauan yang memiliki keindahan yang sangat memikat mata siapapun yang pernah ke sana. Biota laut yang tersebar di Raja Ampat adalah hal yang menjadi incaran para wisatawan untuk dikunjungi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa Raja Ampat memiliki kekayaan berupa biota laut yang jumlahnya beragam. Bahkan termasuk wilayah perairan dengan biota laut paling lengkap di dunia.

2. Danau Sentani

Danau Sentani
Di Papua terdapat sebuah danau yang terkenal dan diketahui oleh warga Papua. Danau tersebut adalah Danau Sentani yang pesonanya sudah tercium hingga mancanegara. Di dalam area Danau Sentani ada 21 pulau yang bisa Anda kunjungi dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga sekitar. Aktivitas memancing juga merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di danau yang kaya dengan biota laut ini. Para wisatawan yang pergi ke tempat wisata di Papua ini juga menghabiskan waktu liburan mereka dengan berenang sambil menikmati pemandangan di sekitar danau. Pada pertengahan bulan Juni Anda bisa menyaksikan festival Danau Sentani yang merupakan tradisi warga.

3. Lembah Baliem

Lembah Baliem
Tempat wisata berikutnya adalah Lembah Baliem. Letaknya berada di sekitar pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian mencapai 1600 meter dari permukaan air laut. Karena itulah suhu yang Anda rasakan di tempat ini sangat sejuk. Setiap bulan Agustus masyarakat sekitar menggelar festival Lembah Baliem yang berkisah tentang peperangan antar suku di daerah tersebut. Di tempat ini, Anda bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar yang masih menjaga tradisi yaitu suku dani dengan etnisitasnya. Selain berwisata, Anda juga bisa mempelajari budaya dari warga suku di sekitar tempat wisata di Papua ini.

4. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya
Salah satu gunung yang sangat terkenal hingga ke luar negeri terletak di Papua. Nama gunung tersebut adalah Gunung Jayawijaya. Bukan tanpa alasan gunung ini diketahui oleh banyak orang. Jayawijaya adalah satu-satunya gunung di Indonesia dengan puncak yang selalu memiliki salju atau disebut juga salju abadi. Bahkan tempat wisata di Papua ini menjadi salah satu lokasi pendakian populer di kalangan para pendaki professional karena memiliki keindahan dan pesona yang khas.

5. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik
Pantai yang satu ini membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama berada di sana. Dari kota Biak Anda harus menempuh jarak 15 km untuk menuju ke Pantai Bosnik. Hamparan pasir yang luas serta jernihnya air laut berwarna biru membuat suasana di pantai menjadi semakin menarik. Selain itu kesejukan juga bisa Anda dapatkan melalui banyaknya pohon kelapa yang ada di sekitar pinggiran pantai. Apabila Anda sedang berada di Papua, khususnya di kota Biak, kunjungilah tempat wisata Papua ini.

6. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon
Tempat wisata di Papua yang juga penting untuk Anda ketahui adalah Pulau Rumberpon. Untuk bisa mencapai pulau ini, Anda mesti menyeberang dari Manokwari menggunakan kapal selama kurang lebih 5 jam perjalanan. Saat tiba di sana, pantai dengan panjang hingga 6 km siap menyambut kedatangan Anda. Di sisi lain dari pulau Rumberpon juga terdapat hutan bakau yang sangat mempesona. Ada pula padang alang-alang yang memungkinkan Anda untuk berpapasan dengan burung rusa.

7. Situs Purbakala Tapurarang

Situs Purbakala Tapurarang
Papua Barat memiliki sebuah situs bersejarah yang berada di Kabupaten Fakfak, tepatnya di Distrik Kokas. Situs yang sedang kita bicarakan ini adalah bukti peninggalan masa prasejarah. Anda bisa menemukan lukisan dari telapak tangan manusia zaman prasejarah pada tebing bebatuan di daerah tersebut. Meskipun sudah dibuat sejak ratusan tahun yang lalu, lukisan tersebut masih bisa terlihat dengan jelas sampai sekarang. Masyarakat sekitar tempat wisata Papua Barat ini memberi sebutan lukisan cap tangan merah pada lukisan tersebut karena warnanya yang seperti darah.

8. Taman Wisata Alam Gunung Meja

Taman Wisata Alam Gunung Meja
Mari kita menuju kota Manokwari yang juga memiliki tempat wisata di Papua Barat bernama Taman Wisata Alam Gunung Meja. Anda bisa menemukan beragam jenis flora dan fauna serta suasana alam yang masih alami. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di lokasi ini seperti hiking, trekking dan aktivitas lainnya. Hutan tropis yang satu ini memang menjadi habitat yang ideal bagi banyak jenis tumbuhan dan juga hewan. Karena itu Anda bisa menemukan ratusan jenis pohon dan berbagai tanaman langka yang sulit ditemukan di tempat lain.

9. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Bagi mereka yang mencintai lautan dan biota laut, tempat yang indah ini menjadi salah satu tempat wisata di Papua Barat yang wajib dikunjungi. Hal itu karena Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman nasional terluas di seluruh nusantara. Selain itu 89,8% dari taman nasional ini adalah lautan. Berbagai jenis ikan bisa Anda jumpai, termasuk ikan yang tergolong langka dan susah untuk ditemukan. Binatang lain yang juga langka seperti penyu, duyung, paus, lumba-lumba hingga hiu juga terdapat di sana. Ada juga gua alam di dalam air dan berbagai tempat bersejarah lain di taman nasional tersebut.

10. Tembok Berlin

Tembok Berlin
Sekarang, mari beralih ke wisata kuliner yang bisa dijumpai di Tembok Berlin di daerah Sorong. Tempat wisata di Papua Barat ini dinamakan “Tembok Berlin” karena terlihat seperti Tembok Berlin di Jerman. Bedanya, tembok berlin di Sorong ini berupa tembok yang menjadi pembatas antara jalan raya dengan pantai. Pada malam hari, tempat tersebut berubah menjadi wisata kuliner dengan berbagai warung yang menjual aneka seafood.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar